Website dapat menjadi sebuah platform untuk membantu seorang dalam memasarkan produk atau jasanya, mengenalkan brand, mengenalkan perusahaan, artikel, maupun mengenalkan dirinya ke semua orang yang ada di internet. Khususnya peran dan fungsi sebuah website bagi pelaku usaha bisnis memang sangat penting, karena dengan menggunakan website produk dan jasa bisa diperkenalkan ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Merawat website memang bukan hal yang mudah namun juga bukan hal yang sulit. Namun kegiatan tersebut harus dilakukan secara berkala agar dapat mengoptimalkan tampilan dan juga konten dari sebuah website.

Namun, banyak juga pelaku usaha yang masih saja menyepelekean cara merawat website. Sehingga yang terjadi adalah data di website hilang akibat serangan virus dan juga hacker. Kenapa merawat website itu penting ? karena selain ini demi kesehatan website, tips merawat website ini juga berpengaruh pada reputasi website di Google atau mesin pencari lain. Website Anda juga akan terlihat aktif seperti halnya sosial media. Jika dirawat dengan rutin, maka website anda akan terjaga dengan aman dan tentunya performanya juga akan tetap bagus. Berikut beberapa tips merawat website yang paling penting adalah sebagai berikut :

1. Update Konten
Biasanya orang bingung melakukan update konten karena tidak ada produk atau jasa yang baru yang akan dipromosikan. Namun, konten yang dimaksud tidak hanya mengenai produk atau jasa baru, tetapi bisa konten berupa artikel tips, pengetahuan tentang produk / jasa anda, atau info-info lainnya yang masih berhubungan dengan produk/jasa anda, dan lain-lain yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengunjung. Hal ini juga dinilai efektif untuk menaikan traffic, dan juga untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang sedang anda jalankan.

Maka dari itu penting untuk anda agar selalu memperbaharui isi website secara berkala. Anda juga harus menghadirkan konten artikel yang berkualitas. Dengan adanya konten artikel tersebut, orang akan dapat tertarik dengan produk atau jasa anda. Usahakan untuk menulis artikel di website anda setiap minggunya. Tapi konten wajib original buatan anda sendiri, sangat dilarang melakukan copy-paste dari website lain. Website Anda bisa langsung kena banned jika menjiplak konten artikel dari website lain. Jumlah kata dalam 1 artikel juga diwajibkan lebih dari 300 kata dan gunakan foto non license apabila membutuhkan. Jika perlu, instal plugin Yoast SEO untuk mendapatkan bimbingan menulis artikel yang sesuai aturan/regulasi Google.

2. Update Tampilan dan Plugin
Biasanya dalam membuat sebuah konsep tampilan website, usahakan disesuaikan dengan ciri khas dari produk atau perusahaan anda. Sehingga secara tidak langsung website anda akan selalu diingat dan bisa meningkatkan brand awareness. Melakukan update tampilan tidak harus merubah template secara keseluruhan, bisa dengan menambahkan konten tertentu, merubah sususan tampilan dan lain-lain. Biasanya merubah tampilan dilakukan dalam waktu kurun waktu cukup lama tidak seperti artikel, yang sangat disarankan minimal update seminggu sekali, merubah tampilan bisa dilakukan dalam durasi bulanan atau tahunan. Tujuannya adalah membuat viewer tertarik untuk mengujungi situs anda. Tetapi jika Anda sudah yakin dengan tampilan website Anda, jangan terlalu sering melakukan perubahan. Anda juga harus memastikan setiap perubahan tampilan sudah sesuai dengan kebutuhan anda saat itu.

Ketika notifikasi update plugin, themes atau core wordpress sudah ada di dashboard website anda, usahakan langsung klik perbaharui. Jika terlalu lama out of date (terlalu lama tidak diupdate), plugin dan themes bisa dianggap spam oleh hosting atau Google. Jika kesulitan hubungi developer ya, karena tidak semua plugin atau themes bisa diupdate sendiri oleh non-developer/awam.

3. Back Up Data
Back up data merupakan hal wajib yang harus dilakukan pada website anda. Karena sebenarnya, kita tidak akan tahu kapan virus atau serangan hacker bisa muncul dan mengakibatkan menganggu kerahasiaan data pada website anda. Tentunya dengan melakukan pemeliharaan, Anda sudah dapat mengurangi resiko kehilangan data atau pencurian data yang biasanya dilakukan oleh hacker. Pentingnya dari melakukan back up data adalah adalah untuk mencegah kehilangan data di dalam sebuah website. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi error pada server, maka data yang ada di dalam website tidak akan hilang dan bisa dilakukan pemulihan.